Home » » Merakit Mining Rig Untuk Menambang Bitcoin

Merakit Mining Rig Untuk Menambang Bitcoin

Posted by Segaris Informasi on Kamis, 31 Agustus 2017

Apa itu Mining Rig ? Adalah suatu alat berbasis komputer yang berfungsi untuk menambang Bitcoin. Kecepatan yang dihasilkan dari satu mining rig berbeda-beda tergantung berapa kartu grafis yang digunakan dan jenisnya. Setiap jenis/merk VGA Card mempunyai kecepatan yang tidak sama, maka anda harus jeli dalam menentukan pilihan. Kartu grafis yang indah untuk digunakan biasanya menggunakan AMD dan ATI Radeon.

Adalah


Jangan salah pilih kartu grafis saat anda akan terjun ke penambangan Bitcoin dengan menggunakan mining rig. Semakin mahal kartu grafis yang anda gunakan maka semakin besar hasil kecepatan yang didapatkan. Selain itu anda membutuhkan power supply yang diatas 1000 watt untuk mendukung performa dan supply kepada setiap kartu grafis.

Selain itu motherboard yang digunakan untuk membangun mining rig tentunya harus memiliki slot untuk kartu grafis yang banyak. Sekarang terdapat mainboard yang dikhususkan untuk menambang Bitcoin dengan banyak slot didalamnya, namun rata-rata sebuah motherboard memiliki 6 slot VGA Card.

Spesifikasi Mining Rig


Berikut teladan spesifikasi dan biaya yang dikeluarkan untuk membangun sebuah mining rig untuk menambang Bitcoin :


SPESIFIKASI MINING RIG
Processor Intel Pentium G4400 800.000
Motherboard Asrock Pro BTC 1.500.000
Kartu Grafis R9 290X MSI Lighting 5.550.000
Memori RAM 4 GB Merk Bebas 450.000
Harddisk Seagate 500 GB 640.000
PSU 700 Watt 990.000
Casing Bebas 350.000
10.800.000

Untuk processor mampu juga menggunakan jasus celeron alasannya yaitu harganya lebih murah. Yang paling besar lengan berkuasa yaitu dengan spesifikasi kartu grafis yang anda gunakan. Dengan menggunakan 1 (satu) kartu grafis dengan merk tersebut maka kecepatan yang akan anda dapatkan sebesar 842 H/s atau sekitar 84 Mh/s. Untuk menambang bitcoin ibarat script SHA-256 sebagai rujukan sebaiknya gunakan 6 VGA maka akan didapatkan kecepatan 5076 GH/s.

Istilah GH/s, TH/s dan lainnya

Ketika sebuah GPU / Mining Rig anda rakit maka anda membutuhkan pool untuk menambang contohnya Nicehash. Silahkan anda daftar disana kemudian unduh sofware dan instal pada komputer anda. Maka proses penambangan pun secara otomatis berjalan.

Jika menggunakan 6 kartu grafis sebaiknya jangan menggunakan casing alasannya yaitu panas yang berlebih malah akan membuat mining rig jebol. Tempatkan mining rig pada daerah yang suhunya dingin, tambahkan kipas pembuang panas. Untuk melihat lebih terperinci bentuk mining rig silahkan googling di youtube. Selamat Mencoba

Terima kasih telah membaca artikel ini & dipublikasikan oleh Segaris Informasi

1 komentar:

  1. "Selain itu anda membutuhkan power supply yang diatas 1000 watt untuk mendukung performa dan supply kepada setiap kartu grafis"

    Tapi di tabel make psu 700watt ?

    BalasHapus