Home » » Cara Membuat Kabel LAN Tipe Cross

Cara Membuat Kabel LAN Tipe Cross

Posted by Segaris Informasi on Selasa, 26 September 2017

Pada artikel sebelumnya saya sudah menguraikan bagaimana cara membuat kabel UTP/LAN yang bertipe Straight yang memiliki fungsi untuk membuat koneksi jaringan untuk banyak komputer. Lalu bagaimana cara semoga dua komputer mampu saling berafiliasi dengan hanya menggunakan kabel LAN tanpa menggunakan HUB ? Dalam pengertian kedua komputer akan saling berafiliasi saat kabel LAN di tancapkan pada masing-masing kartu jaringan (LANCARD). Jika salah satu komputer terkoneksi internet maka komputer kedua juga akan secara otomatis akan terkoneksi dengan internet.

Pada

Untuk menghubungkan kedua komputer tersebut maka diperlukan 2 konektor RJ45 dan Kabel UTP dengan panjang sesuai yang dibutuhkan. Berbeda dengan tipe kabel straight yang memiliki urutan kabel yang sama pada kedua ujung, namun pada jenis kabel cross memiliki perbedaan pada kedua ujung konektor tidak memiliki urutan kabel yang sama.


Cara Membuat Kabel UTP Cross


Kabel cross banyak digunakan untuk menghubungkan dengan dua perangkat komputer dan lebih ekonomis dan efisien alasannya tidak membutuhkan HUB. Berikut urutan cara membuat kabel cross untuk meng-koneksikan 2 perangkat komputer :


Ujung Konektor RJ45 Pertama

  1. Putih Orange - Orange
  2. Putih Hijau - Biru
  3. Putih Biru - Hijau
  4. Putih Coklat - Coklat

Ujung Konektor RJ45 Kedua


  1. Putih Hijau - Hijau
  2. Putih Orange - Biru
  3. Putih Biru - Orange
  4. Putih Coklat - Coklat 

Sebelum ditancapkan pada kedua perangkat, untuk memastikan bahwa kedua kabel tersebut sudah mampu digunakan maka anda mampu menggunakan LAN Tester, lampu indikator akan menyala secara acak, sedangkan tipe kabel straight saat di lakukan tes lampu indikator akan menyala secara berurutan. Selamat Mencoba dan jangan lupa untuk SHARE nya.

Terima kasih telah membaca artikel ini & dipublikasikan oleh Segaris Informasi

0 komentar:

Posting Komentar