Home » » Penyebab dan Cara Memperbaiki Cartridge Printer Tidak Terdeteksi

Penyebab dan Cara Memperbaiki Cartridge Printer Tidak Terdeteksi

Posted by Segaris Informasi on Jumat, 14 Juli 2017

Sebelum memperbaiki anda harus mengetahui terlebih dahulu apa saja yang menjadi penyebab Cartridge Printer tidak mau terdeteksi oleh sistem pada printer tersebut. Banyak penyebab yang menyebabkan printer tidak mau mendeteksi Cartridge Tinta dan itu banyak di alami oleh setiap pengguna printer. Hal tersebut tentunya sangat menggangu aktifitas anda yang dalam kesehariannya bekerja sebagai tenaga manajemen misalnya.

Sebelum
Untuk mengatasi kotoran pada chip Cartridge (berwarna kuning berbentuk titik) anda cukup membersihkan dengan tisu (image by pixabay.com)
Dalam perkembangannya mesin pencetakan menyerupai printer kini sudah mulai menggunakan jenis tinta dalam tank (infus) dimana pada jaman sebelumnya kita harus melaksanakan infus sendiri atau melalui pinjaman teknisi komputer/printer. Namun sekarang kalau anda membeli printer sejenis Canon sudah terdapat tinta yang menggunakan sistem infus.

Penyebab dan Cara Memperbaiki Cartridge Printer Tidak Terdeteksi

Walaupun anda menggunakan printer jenis infus yang notabene lebih mempunyai nilai ekonomis alias irit dan tidak khawatir kehabisan tinta, dalam kenyataannya bahwa tinta tersebut akan mengalir kepada Cartridge yang kegunaannya untuk melaksanakan pencetakan. Nah kalau sudah begitu terkadang usia Cartridge pun belum tentu baka dibandingkan dengan banyaknya kapasitas tinta didalam tank infus. 

Ada kalanya pengguna tidak ingin ribet untuk urusan Cartridge ini. Tinggal beli gres problem pun selesai. Yah itu bagi anda yang banyak uang, tapi bagaimana kalo menyerupai rental dan pengguna rumahan yang mempunyai keterbatasan biaya ? Jangan membuang Cartridge sebelum anda memcoba memperbaikinya. Berikut penjelasan selengkapnya :

1. Adanya kotoran pada Chip Head.


  • Untuk mengatasi kotoran pada chip Cartridge (berwarna kuning berbentuk titik) anda cukup membersihkan dengan tisu. Pastikan chip tidak berair (biasanya terkena tumpahan tinta sewaktu mengisi). Jika chip berair dipastikan printer akan error kalau tidak dicabut secepatnya. 

2. Adanya kerusakan pada Chip Head.



  • Jika chip head sudah rusak maka otomatis tidak mampu menggunakan kembali. Tanda chip rusak yakni tidak mau terdeteksi dan tidak mampu di reset. Dan tentu saja kalau sudah rusak tidak dapat di lakukan perbaikan mau tidak mau anda harus membelinya.

3. Cartridge membutuhkan reset ulang.


  • Untuk memperbaiki Cartridge yang tidak terdeteksi selain kedua hal diatas yakni dikarena sistem pada printer bahwa Cartridge sudah melampaui jumlah pencetakan. Untuk mengatasinya anda harus melaksanakan reset kembali pada Cartridge tersebut. Biasanya muncul peringatan "Low ink" terlebih dahulu. Untuk memperbaikinya silahkan kunjungi halaman dibawah wacana bagaimana cara melaksanakan reset baik tanpa sofware maupun menggunakan tool/sofware resetter.
Baca :

4. Cartridge tidak dalam posisi yang salah/kendor


  • Masalah ini sangat sepele namun dampaknya besar, Cartridge yang kendor selain dapat terdeteksi juga dapat merusak Cartridge lainnya dan sistem pada printer. Hal tersebut biasanya disebabkan karena adanya guncangan atau pun tidak pas dalam pemasangan. Untuk memperbaiki cukup anda pastikan bahwa posisi Cartridge sudah benar/pas.
Dari beberapa cara diatas yakni suatu bentuk kerusakan umum pada printer, maka kita harus bijak dalam mengatasi problem yang timbul dari mesin pencetakan ini. Terima kasih sudah membaca penyebab dan cara memperbaiki Cartridge printer yang tidak mampu terdeteksi. Selamat Belajar

Terima kasih telah membaca artikel ini & dipublikasikan oleh Segaris Informasi

0 komentar:

Posting Komentar