Home » » Cara Menghitung Bounce Rate dan Cara Mengatasinya

Cara Menghitung Bounce Rate dan Cara Mengatasinya

Posted by Segaris Informasi on Rabu, 12 Juli 2017

Dalam ilmu blogging ada yang dinamakan yang biasa disebut Bounce Rate. Untuk menghitung bounce rate bahwasanya tidak perlu susah-susah untuk menghitung karena terdapat tool untuk menghitung bounce rate menyerupai google analytics. Apakah presentasi bounce rate pada sebuah blog itu penting ? tentu saja penting sekali karena dengan melihat presentasi bounce rate anda akan melaksanakan suatu perbaikan jikalau bounce rate presentasinya tinggi. Semakin tinggi nilai presentasi bounce rate maka page views pun akan ikut menurun.

Dalam
Gambar Bounce Rate Analisis

Berapa nilai ideal untuk bounce rate ? menurut ilmu SEO web/blog yang memiliki nilai bounce rate dibawah 20% maka mampu dipastikan web/blog anda sangat diperhatikan oleh pengguna dan mengunjungi beberapa halaman. 

Mengapa nilai bounce rate mampu tinggi ? Itu disebabkan karena saat pengunjung datang ke web/blog anda hanya melihat satu halaman saja kemudian keluar. Maka hal ini harus anda perhatikan betul-betul dan perlu diatasi.

Lalu bagaimana cara menghitung bounce rate ini ?

Rumus bounce rate= (jumlah pengunjung hanya mengunjungi satu halaman/jumlah total kunjungan) x 100% . Contoh misalnya saja pengunjung anda perhari 1.000 orang, dari seribu orang yang membaca 1 halaman ada 500 orang berarti bounce ratenya ialah (500/1000) X 100% = 50%).

Dari beberapa keterangan diatas bahwa nilai bounce rate ialah suatu tolak ukur biar anda mampu meng-optimasi web/blog lebih baik lagi.

Cara Mengatasi Bounce Rate Yang Tinggi

Untuk mengatasi suatu web/blog yang mempunyai nilai presentasi tinggi tentu harus diadakan evaluasi sedetil mungkin. Ada beberapa tips yang mampu admin share bagaimana cara mengatasi bounce rate yang tinggi ini sebagai berikut :
  • Membuat lebih banyak halaman.
  • Membuat konten yang lebih menarik.
  • Membuat internal link lebih banyak dan relevan dengan isi konten.
  • Desain web/blog dibuat biar lebih menarik.
  • Kecepatan blog lebih dimaksimalkan.
  • Membuat navigasi yang terperinci biar memudahkan pengunjung mendapat konten yang dicari, menyerupai menambah related post, kategori dan artikel terbaru.
Jika anda ingin menggunakan google analytics sebagai contoh untuk meningkatkan secara optimal blog anda berikut artikel bagaimana cara memasang isyarat analytics di blog :


Mengenai bounce rate sendiri terkadang diabaikan karena yang terpenting bagi seorang publisher ialah hasil pendapatan. Padahal tingginya pendapatan juga ditentukan oleh nilai presentasi bounce rate ini. Semakin pengunjung banyak membuka halaman anda maka semakin mungkin ada kesempatan untuk membuka iklan tersebut. Semoga Bermanfaat

Terima kasih telah membaca artikel ini & dipublikasikan oleh Segaris Informasi

0 komentar:

Posting Komentar