Home » » Solusi Cepat Cara Memperbaiki Hasil Print Yang Bergaris

Solusi Cepat Cara Memperbaiki Hasil Print Yang Bergaris

Posted by Segaris Informasi on Rabu, 12 Juli 2017

Mengapa saat melaksanakan print risikonya bergaris ? Terkadang merasa kesal juga yah apalagi jikalau lagi terburu-buru. Judul di atas terasa nyeleneh memang, tapi ada benarnya juga karena terdapat solusi cepat cara untuk memperbaiki hasil print yang bergaris yaitu dengan mengganti catridge tinta dengan yang baru. Tapi mengingat mahalnya harga satu buah cartrigde membuat kita terkadang sayang untuk mengeluarkan biaya, namun tidak ada salahnya kita ambil solusi lain dengan cara memperbaiki terlebih dahulu siapa tahu masih mampu digunakan.

Mengapa
Ada beberapa penyebab mengapa hasil print menjadi bergaris antara lain karena tinta dalam keadaan kosong atau karena tersumbat


Penyebab Hasil Print Bergaris

Ada beberapa penyebab mengapa hasil print menjadi bergaris antara lain karena tinta dalam keadaan kosong atau karena tersumbat. Dari kedua penyebab diatas yang paling masuk logika yaitu kerena terdapat penyumbatan pada head tinta.

Mengapa mampu tersumbat ? Hal tersebut mampu disebabkan karena anda jarang menggunakan printer tersebut yang menyebabkan tinta menjadi menggumpal/mengendap pada permukaan head episode dalam. Jika tinta yang anda gunakan yaitu original hal tinta yang menggumpal jarang terjadi, berbeda dengan yang isi ulang kebanyakan menjadi menggumpal jikalau jarang digunakan.

Faktor lainnya yaitu dikarenakan anda hanya menggunakan warna tertentu, misalnya hanya warna hitam saja sedangkan tinta yang berwarna jarang dipakai alias sayang jikalau habis, biasanya digunakan untuk keperluan tertentu saja.

Cara Memperbaiki Hasil Print Bergaris

Setelah mengetahui penyebabnya untuk selanjutnya kita akan mencari solusi alias berguru cara memperbaiki head yang tersumbat tersebut. Cara memperbaikinya cukup mudah namun memerlukan ketelitian dalam melakukannya. Sebelum memperbaiki pastikan masih terdapat tinta dalam catridge. Cara ini biasanya untuk memperbaiki printer jenis Canon dan HP karena jenis ini menggunakan catridge.
  •  Siapkan tisu untuk memastikan bahwa masih ada tinta didalamnya. 
  • Selanjutnya tempelkan tisu tersebut pada head, dalam seketika tinta akan tersedot oleh tisu tersebut. 
  • Kemudian pasang kembali dan lakukan print apakah masih bergaris ?
  • Jika masih bergaris kita lakukan cara lainnya yaitu dengan menggunakan cairan pemutih pakaian menyerupai Bayclin. 
  • Tempelkan ujung head daerah keluar tinta pada cairan tersebut selama beberapa menit (10 menit).
  • Bersihkan dengan tisu (pastikan kering pada pin yang berbentuk titik kuning kecoklatan) hal ini semoga tidak terjadi korsleting karena mungkin ada cairan yang menempel. Lakukan kembali perintah print, jikalau masih bergaris yuk kita cari solusi lainnya yaitu dengan air hangat dan lakukan hal yang sama menyerupai saat menggunakan bayclin.
  • Solusi terakhir yaitu dengan menggunakan suntikan. Copot jarum dan anda ambil/potong sedikit selang pembuangan pada printer sekitar 1 hingga 2 cm.
  • Masukan selang pada daerah jarum suntik, kemudian ujung selang tempelkan pada head dan lakukan penyedotan secara perlahan sambil anda geser selangnya dalam keadaan menempel. Solusi ini lebih banyak berhasilnya daripada solusi sebelumnya. 

Baca Juga :

Cara Reset Printer Epson L Series Tanpa Sofware

Terima kasih sudah membaca artikel bagaimana cara mencari solusi untuk memperbaiki hasil print yang bergaris. Jika ini bermanfaat cobalah di share untuk satu kebaikan bagi yang lainnya.

Terima kasih telah membaca artikel ini & dipublikasikan oleh Segaris Informasi

0 komentar:

Posting Komentar