Home » » Kelebihan dan Kekurangan Kabel Jaringan STP

Kelebihan dan Kekurangan Kabel Jaringan STP

Posted by Segaris Informasi on Kamis, 05 Oktober 2017

Dalam sebuah jaringan komputer terdapat banyak jenis kabel yang digunakan untuk membuat koneksi jaringan. Adapun kelebihan dan kekurangan jenis-jenis kabel jaringan tersebut akan admin ulas selengkapnya disini. Sesuai dengan judul diatas apa sajakah kelebihan dan kekurangan kalau dalam sebuah jaringan komputer menggunakan kabel jenis STP ?


Dalam
Ilustrasi Kabel STP by cullab.com


Pengertian Kabel STP, Kelebihan serta Kekurangannya


Pengertian STP ialah Shielded Twisted Pair, sebuah kabel jaringan yang sering digunakan untuk membuat jaringan komputer yang melalui HUB atau Switch supaya masing-masing perangkat dapat saling berkomunikasi atau terhubung. Secara fisik keberadaannya kabel STP ini hampir sama dengan kabel jaringan lainnya menyerupai kabel UTP (Unshielded Twisted Pair). Yang menjadi perbedaan, perbedaan kabel STP ini dibuat khusus atau dirancang sedemikian rupa untuk mengurangi gangguan dari elektrik lainnya. Kabel STP diselubungi tembaga dan alumunium foil supaya tahan dari distorsi listrik atau gangguan lainnya.

Kabel STP sendiri memiliki 4 pasang kabel (jumlah 8) menyerupai halnya kabel UTP, namun perbedaan dengan kabel UTP setiap 2 kabel STP dibungkus oleh alumunium foil sedangkan kabel UTP seluruh kabelnya menjadi satu dan hanya dibatasi dengan plastik. 

Kelebihan Kabel STP sendiri ialah sebagai berikut :


  1. Tahan terhadap interferensi gelombang elektromagnetik yang berasal dari dalam maupun luar.
  2. Memiliki ketahanan lebih kuat/awet sebab memiliki sumbangan ekstra sehingga tidak mudah putus/patah ditengah jalan dikala dilakukan penarikan.

Sedangkan untuk kekurangan Kabel STP ini ialah sebagai berikut :



  1. Adanya Attenuasi (Pengertian Atenuasi ialah penurunan tingkat suatu besaran, menyerupai misalnya intensitas gelombang suara. Pengertian lainnya atenuasi berarti pelemahan sinyal (dalam ilmu komunikasi). Pengertian atenuasai yang sempurna untuk gelombang bunyi ialah reduksi amplitudo dan intensitas gelombang dalam perjalanannya melewati medium.
  2. Jangkauan untuk area jaringan hanya 100 meter.
  3. Harga relatif lebih mahal

Artikel Terkait Kabel Jaringan :





Itulah beberapa penjelasan seputar kelebihan dan kekurangan kabel jaringan komputer STP. Terima Kasih 

Terima kasih telah membaca artikel ini & dipublikasikan oleh Segaris Informasi

0 komentar:

Posting Komentar