Home » » Cara Mengatasi Suara Pada Komputer Yang Tidak Keluar

Cara Mengatasi Suara Pada Komputer Yang Tidak Keluar

Posted by Segaris Informasi on Jumat, 02 Juni 2017

Pada perangkat komputer terdapat jenis hadware yang disebut kartu bunyi (soundcard) yang kegunaannya untuk mengeluarkan bunyi menyerupai musik atau bunyi lainnya. Namun seringkali muncul persoalan suara tidak mampu bunyi atau keluar. Hal tersebut karena terdapat beberapa hal yang mampu membuat kartu bunyi tidak mengeluarkan bunyi.

Pada dasarnya kartu bunyi (soundcard) terdapat dua jenis yaitu PCI atau On Board. Dimana kartu bunyi yang semacam PCI lebih unggul kualitasnya dibandingkan dengan bunyi on board yang sudah menyatu dengan motherboard.

Mengatasi Suara Pada Komputer

Terdapat beberapa hal yang mampu menjadikan bunyi pada komputer tidak keluar. Namun pada yang kurang paham perihal sistem terkadang juga disebabkan karena kecerobohan menyerupai icon speaker pada pojok kiri bawah dalam keadaan Mute. Berikut beberapa hal yang menyebakan bunyi tidak keluar ?

1. Pastikan speaker aktif sudah menyala dan mampu mengeluarkan bunyi. Untuk memastikannya cobalah lakukan test pada smartphone apakah mampu mengeluarkan bunyi ?

2. Pastikan kabel yang terhubung dengan speaker tidak putus, biasanya hama tikus menjadi penyebab putusnya kabel.

3. Solusi lainnya ialah mengecek akan perangkat hadware pada kartu bunyi tersebut. Untuk mengecek hal tersebut sangat mudah sekali. Anda klik kanan pada icon My Computer > Properties kemudian cari menu Device Manager yang selanjutnya anda akan melihat jendela gres menyerupai gambar dibawah ini.

Pada
Mengatasi Suara yang tidak keluar
Pada gambar diatas yakni jenis-jenis perangkat yang ada pada komputer anda menyerupai processor, VGA, Keyboarb dan yang sedang kita bahas yakni Sound, Video and Game Controller. Jika terdapat kerusakan maka biasanya terdapat tanda seru (!) yang ditandai dengan warna kuning.  
4. Jika terdapat tanda seru (!) maka mampu saja soundcard sudah mengalami kerusakan atau driver yang sudah hilang oleh virus dan hal lainnya.

5. Maka untuk memastikan soundcard anda tidak bermasalah instal kembali driver sesuai dengan jenis soundcard tersebut. Jika anda tidak mempunyai driver atau jenis kartu bunyi apa yang digunakan anda mampu mencari di internet dengan menggunakan jenis atau merek mainboard yang anda gunakan. Maka nanti anda akan mengetahui jenis kartu bunyi yang digunakan beserta drivernya yang mampu anda download.
Anda mampu membaca artikel seputar mainboard pada judul Mengenal Fungsi Mainboard dan Komponennya
6. Jika kartu bunyi mengalami kerusakan sebaiknya anda ganti kartu bunyi tersebut dengan yang baru. Terdapat slot PCI yang mampu untuk mengganti kartu suara.

Demikian artikel bagaimana cara mengatasi kartu bunyi yang tidak mengeluarkan bunyi pada perangkat komputer maupun laptop. Semoga Bermanfaat  

Terima kasih telah membaca artikel ini & dipublikasikan oleh Segaris Informasi

0 komentar:

Posting Komentar